Selamat datang di MTs Negeri 5 Trenggalek

  • 082142697216
  • mtsnlimatrenggalek@gmail.com

MTs Negeri 5 Trenggalek Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024

"September mengukir sejarah pilu negeri ini. Merah darah membanjuri ibu pertiwi. Darah pahlawan jatuh bertumpah ruah. Demi melawan komunis dan penjajah. Namun menyerah tak ada disejarahmu. Pengkhianatan telah kau binasakan. Pancasila kau bangkitkan. .Untuk melindungi tanah air berkedaulatan"

MTs Negeri 5 Trenggalek menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung dengan khidmat di halaman madrasah, Selasa pagi. Upacara dipimpin oleh Wakil Kepala Kesiswaan, Bapak Hamid, S.Pd.

Dalam sambutannya, Bapak Hamid menekankan pentingnya memahami sejarah dan makna di balik peristiwa yang terjadi pada 1 Oktober 1965. “Pancasila sebagai dasar negara harus kita jaga dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada peserta didik sejak dini. Momentum peringatan hari kesaktian Pancasila ini bisa menjadi wadah bagaimana para pendidik bisa memberikan edukasi terhadap nilai-nilai dari Pancasila itu sendiri.

Tergerusnya nilai-nilai Pancasila pada generasi muda saat ini perlu menjadi perhatian bagi semuanya, karena pada saat ini banyak anak-anak yang sudah tidak hapal Pancasila apalagi makna-makna yang terkandung didalamnya. Untuk itu sudah menjadi tugas kita bersama untuk bisa meningkatkan kesadaran para generasi muda dalam menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila tersebut di diri mereka masing-masing.

Petugas upacara yang terdiri dari siswa Dewan Galang melaksanakan setiap rangkaian kegiatan dengan tertib dan penuh semangat. Suasana upacara semakin meriah dengan penampilan paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, menambah rasa nasionalisme di hati para peserta.

Kegiatan ini dihadiri oleh siswa dari kelas 7 dan guru, serta diharapkan dapat membangun kesadaran generasi muda akan pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat Hari Kesaktian Pancasila diharapkan dapat terus membara di kalangan siswa MTs Negeri 5 Trenggalek, mendorong mereka untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan mencintai tanah air.

 

MTs Negeri 5 Trenggalek Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024